Jumat, 02 Mei 2014

Biografi Entrepreneur Muda Sukses-Rizky Mahodenk

Biografi Rizky aditya mahodenk

                Entrepreneur muda berprestasi Indonesia, Rizky aditya putra. Atau yang lebih akrab dipanggil rizky mahodenk ini lahir di nanga bulik, kalimantan tengah pada tanggal 5 mei, 23 tahun yang lalu. Entrepreneur muda pemilik distro mahodenk hero ini adalah lulusan fakultas ekonomi jurusan manajemen universitas brawijaya, malang.
Mahodenk hero, nama distro clothing miliknya ini diambil dari bahasa dayak yang mempunyai arti “ beraksi “. Mahodenk hero mulai berdiri pada awal juli 2008 dengan modal hanya 3 juta tapi sekarang ia mampu mengembangkannya menjadi bisnis yang beromzet puluhan juta tiap bulannya. Dia mulai terinspirasi membuat distro ini dimulai saat ia masih duduk di bangku kuliah, dan sekarang ia telah lulus dari kuliah tanpa membuat skripsi dan mendapat hibah dari UB sekitar 24 juta rupiah atas keberhasilannya mengembangkan usaha tersebut.
Siapa sih tokoh yang mampu menjadi panutan si entrepreneur hebat satu ini? Dengan bangga, ia menjawab “ rasulullah SAW “ yang selama berpuluh – puluh tahun sukses berdagang.
Mahodenk mengusung desain dengan tema superhero indonesia dari berbagai tokoh pewayangan seperti gatotkaca, bima, dan pandhawa yang melawan tokoh superhero dari negara adikuasa seperti superman dan batman. Idenya tersebut ia tuangkan ke media kaos. Dari ide kreatifnya inilah kaos yang ia desain sangat diminati pasar. Ia pun memperoleh penghargaan sebagai pengusaha termuda sukses di indonesia pada usia 18 tahun. Ia diminta mengisi seminar – seminar di beberapa universitas dan menjadi bintang tamu di beberapa acara televisi nasional.
Menurutnya, dengan membuka indie clothing bertemakan pahlawan nasional bukan hanya untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk mengangkat kembali kebudayaan indonesia yang terkenal di era 70/80 an yang kini mulai kalah pamor dengan super heronya amerika.
Pada awal distro mahodenk hanya dikembangkan di daerah pulau jawa seperti, malang, batu, blitar, jember, pare dan juga kediri. Namun, dengan semakin berkembangnya bisnis ini, ia pun mulai membuka cabang di kalimantan tengah, kalimantan selatan, bahkan sampai di singapura. Distro mahodenk ini pun tidak hanya berpusat di kaos, dan sekarang dikembangkan ke media sepatu, ransel, jaket, dan lain – lain.
Layaknya seorang entrepreneur hebat, kegagalan sebelum kesuksesan adalah hal yang lumrah terjadi. Memulai bisnis entrepreneur dengan menjual tanaman gelombang cinta, yang kemudian belum berhasil. Kemudian ia terpilih menjadi ketua pelaksana inaugurasi Fakultas Ekonomi UniBraw 2008. Acara tersebut banyak mengeluarkan pengeluaran sehingga ia harus menjual koran sponsor 100 eksemplar perhari selama 3 bulan untuk menutupi minus biaya acara. Kegagalan demi kegagalan tak membuatnya putus asa dan pantang menyerah. Dengan selalu mencoba, ia lalu bangkit dari kegagalan dan mulai meniti benang – benang kesuksesan. “ vitamin itu tidak enak, tetapi menyehatkan. Begitu pula kegagalan, adalah motivasi saya untuk selalu bangkit dari kegagalan. Mottonya adalah “ work HARD, play HARD “.
Menurut seorang rizky mahodenk, orang sukses itu tidak hanya berdiam diri. Jika ingin sukses mulailah melakukan sesuatu yang bermanfaat sejak sekarang dengan kesungguhan, pengorbanan serta semangat untuk maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar