Jumat, 02 Mei 2014

Essay mengapa memilih Universitas Brawijaya

Essay mengapa memilih Universitas Brawijaya :

                Universitas brawijaya atau Unibraw atau yang biasa disingkat UB, sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di timur pulau jawa. Lebih tepatnya yaitu, universitas brawijaya ini terletak di kota berjuluk swiss kecil di Indonesia yaitu malang. Malang yang terletak di dataran tinggi yang dikelilingi pula oleh beberapa gunung diantaranya gunung arjuno di sebelah utara, gunung semeru di sebelah timur, gunung kawi dan panderman di sebelah barat, dan gunung kelud di sebelah selatan ini, tentu saja membuat kampus universitas brawijaya berhawa sejuk, berudara segar dengan pemandangan yang indah karena kampusnya yang asri nan rindang kaya akan pepohonan pastinya membuat para mahasiswa nyaman untuk belajar. Faktor lokasi yang aman, nyaman dan ditambah lagi strategis karena berada di tengah kota malang sehingga terjangkau kendaraan baik kendaraan umum seperti taksi dan angkot maupun kendaraan pribadi ini menjadi nilaii plus tersendiri untuk universitas brawijaya.
                Universitas brawijaya, salah satu perguruan tinggi bonafit di indonesia yang menjadi favorit para orang tua maupun siswa kelas XII SMA untuk melanjutkan studinya ini sudah diakui kualitasnya baik di dalam negeri maupun luar negeri. Diantaranya, pada tahun 2008, universitas brawijaya masuk ranking 500+ dunia versi THES (QS world university ranking) dan masuk peringkat 3 indonesia versi ditjen dikti. Pada tahun 2009, UB mendapat ranking 191 di asia menurut THES. Pada tahun 2013 ini, universitas brawijaya menduduki peringkat 700 besar universitas di dunia. Peringkat terbaik ke-4 seindonesia versi 4-international colleges and universities (4ICU, yang merupakan directory dan search engine untuk universitas yang berkantor pusat di amerika serikat yang bertugas memberi penilaian pada situs web perguruan tinggi di seluruh dunia.) di tahun 2013 ini pula, universitas brawijaya mendapat ranking 722 dunia dan ranking 5 indonesia versi webometrics, yang sebelumnya pada tahun 2012 universitas brawijaya harus puas berada di ranking 839 dunia dan ranking 8 indonesia. Sudah terbukti, bahwa kualitas universitas brawijaya terus meningkat dari tahun ketahun yaitu dilihat dari kenaikan ranking institusi yang kian membaik.
                Universitas brawijaya yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di indonesia sebagai “ world class entrepreneurial university “ telah mendapatkan akreditassi institusi “ A “ dengan mayoritas program studi telah terakreditasi A dari BAN PT pada tahun 2009.
                Kedua faktor diatas, yaitu lokasi dan kualitas menjadi pertimbangan penting bagi saya untuk memilih universitas ini. Selain itu, faktor subjektif saya yang menyukai mata pelajaran sejarah. Menurut saya nama “ brawijaya “ itu bagus ditambah lagi dengan lambang universitas brawijaya yang sangat filosofis sekali yaitu adanya gambar prabu brawijaya (raden wijaya) yang merupakan pendiri kerajaan majapahit yaitu sebuah kerajaan besar yang pernah berjaya di indonesia pada masanya.
                Selain itu juga faktor eksternal juga sedikit banyak menjadi alasan saya memilih universitas brawijaya yaitu ketertarikan saya kepada kota malang. Malang mempunyai banyak tempat wisata menarik. Diantaranya, gunung bromo, tempat yang banyak diincar para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan matahari terbit dan juga melihat upacara adat suku tengger. Ada candi singosari dan juga museum brawijaya, bagi pecinta sejarah seperti saya menjadi spot penting yang harus dikunjungi. Bagi yang menyukai olahraga ekstrem dapat mencoba paralayang atau arung jeram. bagi pecinta alam dapat singgah ke air terjun coban rondo, rawa indah, tambak asri, sendang biru atau bale kambang. Wisata malam hari, batu night spectaculer (BNS) juga bagus untuk didatangi. Selain itu masih ada jatim park 2, selecta, taman ria sengkaling, taman wisata tlogomas dll. Nah banyak sekali tempat – tempat wisata yang bisa kita kunjungi ketika sudah mulai lelah dan jenuh dengan aktifitas kampus. Di malang, banyak juga tersedia berbagai pusat perbelanjaan dan makanan seperti mall malang town square (MATOS), mall olympic garden (MOG), plaza dieng, dll. lumayan lah, bagi orang ndeso seperti saya untuk cuci mata. Jadi intinya, ketika stress karena tugas kuliah, dsb mungkin ada baiknya kita refreshing sejenak dari hiruk pikuk kegiatan kemahasiswaan.

                Keempat alasan diatas, seyogyanya sudah cukup bagi saya untuk memilih universitas brawijaya sebagai kampus tempat saya melanjutkan studi. Semoga selama 4 tahun (maksimal) kuliah di universitas ini, kami laskar 51 mampu menjadikan universitas brawijaya sebagai universitas nomor wahid di indonesia mengalahkan UGM, karena sesungguhnya brawijaya itu adalah raja, sedangkan gajah mada hanyalah seorang patih. Glory Glory Mahasiswa Brawijaya. FIGHTING!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar